Menjelang musim penghujan ada baiknya kalau kamu bersiap diri menghadapi segala cobaan ditengah jalan. Hal yang paling krusial dikala hujan tiba – tiba datang ga permisi adalah.. Yak, Smartphone !(eaaaaa..), Kabarin dulu pacar, bos, pelanggan, mantan atau siapapun buat ngasih tau kalo kamu bakalan telat. Dan kalo kamu lebih milih maksa nerobos ujan, Jas hujan bakalan ngebantu banget buat ngejaga penampilan kamu tetep uhuy pas ketemuan.

Nah, Berikut adalah Tips memilih Jas Hujan biar kamu gak salah beli guys. 

Berdasarkan Jenis/ Tipe Jas Hujan

Ada beberapa jenis jas hujan yang bisa dibedain dari jenis alias bentukannya cuy.

Ponco : Jenis jas hujan ini mendukung banget buat kegiatan outdoor, selain karena lebar, jas hujan jenis ini juga bisa melindungi hampir seluruh tubuh sekaligus bawaan kalian. Ponco juga bisa kalian gunakan sebagai alternatif tenda untuk membuat bivak di kegiatan Camping luar ruangan.

Tapi perlu diingat, Ponco sangat gak di rekomendasikan buat digunakan berkendara. Selain berpeluang masuk kedalam sela-sela ban pada pengguna roda dua.

Ponco juga sangat – sangat engga di rekomendasikan untuk di gunakan ketika kalian menggunakan roda empat, karena apa ? karena buat apa coba ?. Kecuali mobil ente gak ada atapnya.

Tambahan : Saat ini udah ada yang bikin ponco buat boncengan loh, malahan ada yang sekalian se motor-motornya di tutupin.

Setelan : Jenis jas hujan setelan sangat di rekomendasikan buat pengendara roda dua cuy, selain ringkes jas hujan ini juga ngepres di badan dan gak ganggu pergerakan kalian.

Sayangnya jas hujan model ini ga di design buat sekaligus melindungi barang bawaan kalian. Kalian musti punya jas hujan ekstra untuk Ransel bawaan kalian.

Tersedia juga loh jenis setelan yang bawahannya rok. kebayang gak tuh ?

Overcoat : Jas hujan jenis overcoat biasanya dipakai sama Polisi, Satpam, Pemadam kebakaran atau profesi lain. Katanya sih alasannya adalah karena jenis profesi ini membutuhkan akses yang mudah ke peralatan yang disimpan di dalam Jas hujan.

 Overcoat tuh sebenernya jas hujan SETELAN yang gak pake bawahan 😛 

Seperti yang kita tau, profesi profesi tersebut biasa menyimpan atau menggantungkan peralatannya di sekitaran pinggang. Misalnya Borgol, Senter, Handytalky dan lainnya.

Overcoat juga punya panjang yang bermacam – macam cuy, tergantung yang jual.

Saran penulis,Pilih jas hujan sesuai peruntukkannya, Jas hujan setelan untuk berkendara atau jas hujan ponco untuk kegiatan Outdoor..

Berdasarkan Bahan Kain Jas Hujan

Banyak jenis bahan Garmen yang entah karena kerapatan kain ataupun bahan dasarnya punya kemampuan buat “menolak” air. Nah beberapa ini adalah berbagai jenis bahan yang digunakan untuk jas hujan.

PVC/ Karet : (biasanya dipake buat bahan paralon), karakteristik jas hujan PVC biasanya mengkilat, gak terlalu tebal, melar jika ditarik dan ringan, lumayan adem waktu dipakai tetapi gampang sobek. Gimanapun jas hujan berbahan PVC sama aja jas hujan plastik yang “tebel”

Jas hujan dengan bahan ini mudah sekali robek jika kalian simpan dalam keadaan basah.
Dijemur ? gak bisa guys, Terkena matahari langsung akan membuat bahan ini mengeras dan mudah hancur. Kalian harus mengeringkan dengan kain dan kemudian di angin – anginkan agar lebih awet.

Parasut : bahan parasut tuh mirip sama yang dipake di payung cuy, punya sifat anti air yang di peroleh dari kerapatan kainnya. Karena karakeristik-nya ringan dan halus, biasanya dibuat dengan lapisan ganda cuy. Biar gak dingin – dingain amat. Nah, efeknya jas hujan jadi agak tebal dan makan tempat.

Payung aja gambarnya, pegang deh payung dirumah. ya itu parasut.

Nylon Campuran : Nah ini dia saingannya parasut. Jas hujan dengan bahan nylon campuran mempunyai lapisan ganda di dalam jas hujan. tujuannya adalah biar si pemakai gak gerah, Kelemahan dari jas hujan berbahan nylon ini adalah biasanya menggunakan jahitan manual yang terus dipress, sehingga akan tesasa lembab di bagian jahitannya.

Banyak merk ternama jas hujan menggunakan bahan Nylon Cmapuran ini, Seperti Axioo yang menggunakan Nylon campuran ber jenis Taslan.

Tambahan : Terdapat juga varian Nylon campuran bernama GORETEX yang merupakan varian terbaik dan biasa digunakan untuk pakaian outdoor atau juga jaket gunung.

Tambahan : Kresek :Jas hujan yang berbahan plastik kresek dan biasanya dijual sama abang – abang dipinggir jalan yang gak tau muncul dari mana tapi selalu ada ketika gerimis melanda ini cuman bisa buat saat – saat genting aja.

Malahan kadang dipake sekali aja udah sobek. Ga usah berharap banyak, gak basah aja udah syukur, ga usah ditambahin tahan lama, kuat, wangi, bisa di bersikan menggunakan mesin cuci serta tahan panas ketika di-setrika.

Saran penulis, Pilih bahan jas hujan yang terbuat dari Parasut atau Nylon ya guys.

Berdasarkan Resleting dan Jahitan Berdasarkan Sleting dan Jahitan

Pilih jas hujan degan jahitan yang sudah di press, hal ini dilakukan untuk menghindari merembesnya air lewat pori – pori lubang jahitan cuy. Untuk pemilihan resleting, sebisa mungkin pilih yang terbuat dari kuningan atau tembaga.

Jas hujan dengan resleting yang terbuat dari plastik biasa nya gak tahan lama. Sedangkan resleting yang terbuat dari besi akan mudah karatan. Jadi sebisa mungkin pilih jas hujan dengan bahan resleting yang terbuat dari Tembaga atau kuningan.

Jangan lupa perhitungkan memilih jas hujan dengan perlindungan ganda pada bagian resleting/ Berkancing.

Berdasarkan Warna Bahan

Waktu hujan biasanya pengelihatan akan menjadi terganggu, entah karena derasnya tetesan air, tercipratnya air ke mata atau terhalanginya pandangan karena kaca helm yang terbasahi air. Makannya disaranin pake Jas hujan dengan warna yang mencolok, sehingga kamu lebih terlihat oleh orang atau pengedara lain.

Apalagi kalau malam guys, makin gak kelihatan deh tuh.

Memilih jas hujan yang memiliki fitur mata kucing atau Semacam garis (gak tau namanya apa, Scotlight ?) yang memantulkan cahaya juga sangat disarankan loh.

Dengan menggunakan Jas hujan yang memiliki garis ini maka pengendara lain akan semakin awas akan keberadaan kamu.

Tambahan Cover Sepatu

Gak ada salahnya kan melindungi sepatu biar ga basah ?, coba deh Search “Shoes Cover”

Murah kok gan.. coba cek deh di aneka Toko Online.

Nah itulah beberapa tips yang bisa Kultips.com sarankan untuk jadi bahan pertimbangan kalian sebelum membeli Jas hujan. Ingat Siap jauh lebih baik dari tidak siap. 

Gimana menurut kalian ?