Kalian pengendara motor ? pernah ngerasin mendadak meriang karena lupa bawa kelengkapan pas ada razia motor ?. Razia lalu lintas sebenernya bukan suatu hal yang musti di takuti guys. Menuju Roma aja banyak jalannya kok, apa lagi cuman ngehindarin razia.

Kadang gak tau kenapa kalo kita lagi bawa surat lengkap, ketemu Razia malah disuruh lewat aja gak di periksa. Lah pas ada yang lupa malah di berenti’in, ya kan ya kan ?. Polisi tuh kaya punya pandangan infra merah yang bisa nembus isi dompet yang gak seberapanya itu.

Dibawah ini beberapa tips yang bisa disiapin biar lebih PeDe buat menghadapi Razia lalu lintas, jadilah pengguna jalan yang baik. *Kalo perlu cari Razianya ada dimana, Minta di periksa !

 1. Lengkapin surat-surat, SIM, STNK, KTP, Akte Lahir sekalian.

 2. Jangan Ngelanggar Rambu – Rambu di Jalan.

 3. Pake Helm, Yang SNI.

 4. Taati lampu merah sama marka jalan.

 5. Jangan kaya cabe – cabean, Boncengan 2 orang aja.

Kalo kalian udah nyiapin dan punya semua surat – surat diatas, baca artikel lain aja.
Kelanjutan artikel dibawah ini ditulis bukan buat orang – orang yang terlalu siap kaya kamu. Hidup itu abstrak guys, banyak detail lain yang bikin kelengkapan kendaraan sering ketinggalan. #alibi.

Gini kira – kira, pilihan yang bisa kalian ambil
Kalo udah terlanjur kena razia

Alasan Keburu – buru

Yang paling gampang buat dijadiin alasan adalah “Keburu – buru“, dari situ bisa berkembang jadi “Gak liat Rambu“, “Ga Konsentrasi” atau “Gak Fokus“. Semakin genting hal yang bikin kamu buru – buru, semakin besarlah kesempatan kamu lolos Razia.

Yang paling umum alasan “Mau ujian” buat mahasiswa, “Mau liputan” buat wartawan atau yang lebih serem pake alibi keluarga sakit, Amit – amit deh kalo sakit beneran.

Note : Bukti, Namanya juga polisi, selain minta keterangan kamu, Pak Polisi juga bakalan nanya kamu punya bukti apa ?. Lengkapi alibi kamu dengan jadwal ujian, Kartu mahasiswa atau perban. Kalo – kalo kamu ketauan boong terus kepala kamu di sleding Polisi.

Pura-pura Bisu

Jangan remehin tips yang satu ini. Kamu gak akan pernah tahu kalau belom coba kan. Tapi ya itu, paling engga kamu mesti punya modal bahasa isyarat dikit – dikit.

Nggak usah paham – paham banget, asal tau gimana kata “maaf” atau “gak liat” sama “i love you” aja. Pak Polisi biasanya antara malas sama iba,kalo liat keadaanmu kaya gitu itu.
Tapi apesnya kalo Pak Polisi ternyata bisa bahasa isyarat juga, Kelar gan dapuranmu..

Motor Butut bin Jadul

Kamu pasti pernah denger dari temen kamu yang punya vespa atau motor jadul Custom’an tentang pengalamannya kena Razia ?. Sedikit banyak beneran loh, Gak tau kenapa motor jadul tuh kaya  punya ilmu kebal tilang.

Razia Motor

Sampe sekarang ga ada yang bisa jelasin, kenapa motor jadul yang mogok’an itu kaya gak keliatan sama pihak kepolisian. Ada yang bilang kalo Polisi pada males kalau harus nilang motor-motor jadul dengan belagak gak liat aja..

“Motornya aja butut, Apa lagi dompetnya..” Gitu kali.. Mungkin..

Kaburrrr… Gaes.

Kalau semua tips diatas gak memungkinkan, ya gimana lagi, kabur aja gaes. Kalian bisa gunakan semua alternatif terdekat, mulai dari pura – pura jajan, pura – pura belanja atau pura – pura gila. Gak susahkan, toh dunia juga udah penuh dengan kepura – puraan.
#eh

Cara kabur lain adalah dengan Lewat Jalan Tikus, ikuti aja pengguna jalan lain yang belok masuk ke gang – gang kecil. Melalui Jalan Tikus kalian bisa dapet alternatif buat nemuin cala lain menuju tujuan kamu yang pastinya belum tentu lebih baik hahaha…,

Eh, Kita bukan ngajarain yang gak bener loh disini ya.. diawal kita udah bilang kalo lebih baik jadi pengguna jalan yang baik loh yaaaa~