Negara kita sesungguhnya dan hakikatnya adalah negara yang ber-iklim Tropis yang jelas cuman punya dua musim aja. Musim Kemarau dan Musim Hujan, gak pake tambahan Musim Demo apalagi Musim Pilpres #Hiyaaa.

Kita semua setuju kan kalau mayoritas jalan Raya di Indonesia digunakan oleh pengendara roda dua ? eh setuju gak sih ?, atau jangan-jangan kalian lebih setuju kalau Jalan Raya di negara kita lebih banyak di gunakan buat… #Pencitraan ?

Oke, Oke, Serius. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman penulis dan orang-orang disekitar penulis dalam ngehadapin Musim Penghujan.

Moga – moga bermanfaat ya guys. With

1Cek Busi dan Karburator

Buat kalian yang pake motor matic, Kondisi busi gak terlalu butuh perhatian guys. Secara busi motor matic adanya di bawah jok yang cukup terlindungi dari cipratan air. Buat kalian pengguna Motor Lakik alias Kopling, kalian musti cek nih kondisi busi setiap mau nerjang hujan. Aman gak dari tetesan air ?, Jangan sampe tuh mesin mendadak #mogok di tengah jalan.

Note : Sepatu pada gambar Bukan Sepatu penulis, Camkan itu !

Yang boleh boleh keluar masuk di karburator cuman bensin sama udara guys. Jangan sampe ada yang namanya Air masuk, baik lewat Filter ataupun lewat manifold yang udah retak – retak. Masuknya air kedalem ruang bakar bakalan bikin mesin mati secara instant !

Gak ada salahnya kan ngasih perhatian ekstra buat si Dia, kalo di cuekin ntar ngambek loh, terus gak bisa di pake lagi. Terus mau selingkuh naik yang lain ?, dasar lakik !

2Periksa Kondisi Ban

Aspal yang masih atau habis diguyur hujan akan merubah kontur jalanan guys, biasanya di 30 menit pertama sejak #GerimisMengundang. Kondisi jalanan akan berubah jadi lebih licin karena air hujan bakalan bikin tanah jadi lumpur dan tetesan minyak menjadi lebih lebar.

Makannya jangan lupa periksa kondisi ban luar, apakah masih bisa mencengkram aspal dengan kuat atau udah mulai gundul kembangannya. Kondisi ban yang mulai gundul akan meningkatkan potensi tergelincir cuy. Apalagi kalau kamu ngerem mendadak atau lewat turunan.

3Pakai Helm Yang Tepat

Naik Motor di waktu hujan tuh selain jalanan jadi lebih licin, Jarak pandang juga bakalan berkurang cuy. Tetesan hujan, Embun atau uap air dari nafas dan pantulan cahaya dari kendaraan lawan arah ikut nyumbang distorsi mengganggu konsentrasi.

Buat amannya, pilih helm berkaca bening atau kaca khusus yang punya fitur mendukung berkendara waktu hujan. Pastikin sirkulasi udara dalam helm baik, biar uap air yang kamu keluarkan saat bernapas tidak menciptakan embun dari dalam.

Note : Kalian bisa juga menggunakan Seprotan Anti air yang bikin kaca helm kamu lebih cepat mengalirkan tetesan hujan. Lebih khususnya kalian bisa menggunakan Cairan AntiFog atau Baca artikel : Helm Berembun Saat Hujan? Coba Beberapa Cara Ini

FOKUS.. ! Fokus ~

4Kostum Khusus Hujan (Jas Hujan)

Modern ini, kita udah dikasih banyak pilihan pakaian yang bisa kita gunakan diwaktu hujan. Mulai dari Ponco atau jas hujan model kelelawar, Jas hujan setelan atas bawah, Sampe jas hujan versi pahe yang dibikin dari plastik kresek tipis.

Meskipun kalian punya jaket anti air, kalian masih butuh Jas hujan buat ngelindungi bagian tubuh kalian yang lain. Pilih bahan Jas hujan yang sesuai dengan keadaan lingkungan kalian. Bahan Karet akan sangat cocok buat kalian yang tinggal di dataran tinggi karena bisa menjaga suhu tubuh.

Sedangkan bahan Polyester seperti Goretex cocok banget buat kalian yang tinggal di dataran rendah karena bahan ini tahan air tapi masih bisa ngeluarin suhu tubuh. Jadi gak bikin gerah.

Note : Hindari jas hujan Ponco/ Kelelawar, banyak kejadian masukknya ujung jas hujan ke dalam ban atau rantai.

5TitiDije

Setelah kalian siap buat nerjang ujan, kalian musti ati ati dijalan guys. Hindari ngebetot gas kenceng – kenceng, karena pengereman waktu hujan beda guys ke-efektifannya sama kondisi kering.

Hindari nerabas genangan air cuy, kalian gak tau kan sedalam apa genangan tersebut ?, Jangan sampe kaya kejadian dibawah yaaa 😛

Itulah diantaranya sedikit dari banyak tips yang bisa kalian gunakan demi keselamatan kalian berkendara dimusim penghujan. Semoga bermanfaat