Kalau kamu ngerasa kalau tenggorokan kamu gatal, kering, dan terasa penuh, mungkin kamu bakalan sakit tenggorokan cuy. Sakit tenggorokan sih kadang bisa sembuh sendiri, tapi kadang juga bisa tambah parah. Nah, ada baiknya kalau kalian tau beberapa tips alami mengobati sakit tenggorokan sebelum terlambat. Berikut diantaranya :

Perbanyak minum air putih

Dimulai dari yang paling basic, perbanyak minum air putih cuy. Konsumsi air putih yang cukup bakalan membantu membran mukosa (selaput lendir) yang bertugas memberikan perlawanan terhadap serangan dari luar tetap lembab dan gak gampang iritasi.

Pada sekresi selaput lendir terdapat enzim Lisozim yang berfungsi membunuh bakteri penyebab masalah pada tenggorokan.Hindari minuman manis cuy, minuman yang mengandung sejumlah gula tinggi di tengarai dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kalian. Malahan gula disebut dapat membuat virus dan bakteri menjadi lebih kuat dari sebelumnya.

Istirahat yang cukup

Tau gak sih, tubuh kita juga kadang bisa ngambek, kadang munculnya masalah di tubuh kita dakag tanda kalau sebenernya kita butuh istirahat cuy. Istirahat sudah terbukti dapat mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan oleh lemahnya kekebalan tubuh kita.Tubuh tuh sudah dari sananya punya fitur self healing yang tentunya bakalan ngebantu banget kalo kita ngertiin dengan istirahat yang cukup. Ketika kita beraktivitas tentunya fungsi ini akan terhambat dan bakalan bikin daya tahan melemah. Intinya Keseimbangan cuy.

Berkumur dengan air garam plus baking soda 

Kedengarannya gampang kan ?, berkumur dengan air garam adalah salah satu cara yang efektif buat membunuh bakteri dan virus penyebab sakit tenggorokan. Garam yang berfungsi sebagai antiseptik ini udah lama digunakan buat mengatasai berbagai permasalahan di sekitaran mulut cuy, Termasuk sakit tenggorokan dan sakit gigi.Sedangkan campuran garam dan baking soda dapat membantu membunuh bakteri serta mencegah pertumbuhan ragi dan jamur di area mulut.

Caranya : 1 gelas air hangat, 1/2 sendok teh soda kue, dan 1/4 sendok teh garam. Gunakan untuk berkumur sampai ke tenggorokan (gargle) sehari 3 kali, Awas jangan di telan ya…

Minum lemon tea hangat plus madu

Mengkonsumsi lemon tea hangat dengan tambahan beberapa sendok madu juga baik untuk membantu mengurangi sakit tenggorokan.

Teh hangat dapat membantu mengencerkan lendir/ dahak dan melemaskan otot tenggorokan yang gatal.

Sementara vitamin C pada lemon dan madu dapat meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

Jahe

Mengunyah seruas jahe dengan cocolan madu adalah resep turun temurun di keluarga penulis untuk mengatasi batuk dan masalah tenggorokan cuy. Jahe juga bisa kalian konsumsi sebagai minuman dengan campuran teh maupun kopi.

Jahe diketahui bermanfaat untuk :

  • Memiliki efek anti peradangan (anti inflamasi).
  • Efek antimikroba (untuk menghambat pertumbuhan jamur, bakteri yang merupakan penyebab infeksi tenggorokan).
  • Membantu mengeluarkan lendir tenggorok.

Bawang Putih

Salah satu bahan alami lain yang bisa digunakan untuk membantu meredakan sakit tenggorokan kalian adalah bawang putih. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat bawang putih sebagai obat alami sakit tenggorokan adalah dengan :

Dikunyah mentah-mentah guys !

Saat hancur dalam kunyahan, bawang putih akan melepaskan allicin, sebuah senyawa yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antivirus.

Artikel ini dutulis karena saat ini penulis juga lagi radang dan pengen sembuh cuman pake bahan- bahan alami aja. Penulis lagi ngurangin banget minum obat – obatan cuy. So.. Semoga bermanfaat buat kalian yaaa..