Namanya juga hidup, ada aja kejutan random yang bikin hidup lebih berwarna cuy. Disyukuri aja, tapi yang namanya kebutuhan tetap harus di penuhi kan ?, apalagi masalah uang.


Jadilah kita terpaksa berhutang, kadang sama sadara, kadang sama teman. Tapi gimana kalau semua lagi gak punya uang ?. 
Disinilah Fintech Pinjaman Online berperan !

Fintech Pinjol (Pinjaman Online) berperan dalam memberikan hutang dengan proses yang cepat dan tanpa agunan alias jaminan cuy. Beberapa malah dalam hitungan menit udah bisa di cairin Lewat Smartphne doang !

Tentu saja ada syaratnya ! Semakin lengkap data yang kamu lampirkan semakin cepat juga pinjaman kamu cair. Di beberapa Fintech malah ada yang menaikkan batas jumlah pinjaman yang bisa kamu ajukan mengikuti jumlah data yang kamu lengkapi.

Lalu lahirlah Fintech liar, Disebut liar karena gak kedaftar di OJK cuy. Fintech liar ini emang punya syarat yang gampang dan lebih sedikit buat nge-ACC pinjaman, tapi bukan berarti gak ada resikonya cuy.

Mulai dari pelanggaran privasi dengan mengakses data pribadi nasabah tanpa izin, pembebanan bunga pinjaman di luar kewajaran, pelecehan seksual yang dilakukan oleh debt collector, sampai teror dab ancaman pembunuhan banyak di praktekkan di proses penagihannya.

*Financial Technology atau disingkat Fintech gak melulu soal utang piutang cuy, pengartian penulis, Fintech adalah semua teknologi digital yang berjalan di sektor Finansial. Gopay, Telkomsel TCash, Credivo dll termasuk didalamnya. 

Tapi kalau udah kepepet ya mau gimana lagi yekan ? Berikut beberapa tips memilih Fintech pinjaman online sebelum mengajukan hutang ;

Cek Dulu di OJK

Kalian gak mau kan kejebak hutang Fintech Ilegal ? Walaupun Depkominfo menjelaskan kalau hutang ke Fintech Ilegal Gak perlu dibayar !.

Kalian bisa melakukan pengecekan dengan mengunjugi tautan dibawah ini :

KLIK DISINI

Fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakalan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku cuy. Mulai dari cara penagihannya, kewajiban menjaga privasi pengguna sampai ketentuan besar bunga pinjaman yang gak boleh lebih dari 30%, dll.



Download Aplikasi RESMI saja

Download aplikasi Fintech yang akan kamu gunakan hanya dari Playstore atau Apple Store saja. Mendownload Aplikasi dari situs selain memiliki resiko terjebaknya kamu ke Fintech Liar. Hal ini dikarenakan Google Playstore bekerja sama dengan OJK untuk mengawasi beredarnya aplikasi Fintech.

Google akan segera menghapus aplikasi yang sudah di tutup atau di bekukan OJK. Pilih Fintech dengan rating atau bintang paling banyak cuy, baca komen-komen dan pengalaman pengguna lain. Gak ada salahnya kan ati-ati dikit ?.



Baca Perjanjian

Selalu baca perjanjian pinjaman sebelum kalian menekan “Kirim”, “Ajukan” atau “Pinjam”. Kenali peraturan-peraturan Fintech agar kalian terlindungi dari biaya tersembunyi atau yang datang tiba-tiba.

Mengetahui hak dan kewajiban yang tertulis didalam perjanjian sebelum kamu mengirimkan kesepakatan pinjaman juga akan memberikan kamu pelindungan hukum cuy. Jangan sampe hak kalian dimainin sama “perjanjian pinjaman” yang kalian gak baca didepan !.

Kalo ada poin perjanjian yang aneh, ya lupakan, cari fintech yang lain aja !. Fintech bukan satu itu aja kan ?



Pilih Fintech dengan bunga terendah

Tentu saja, semakin rendah bunga pinjaman, semakin sedikit juga biaya yang kamu bayar nantinya. Coba Simulasi pinjaman yang banyak di sediakan oleh Fintech yang kredibel di bidangnya.

Fintech Pinjaman Online

Pilih Fintech yang transparan mengenai jumlah biaya dan beban yang kita juga bisa hitung dengan mudah dan sesuai.

Tentukan lama pinjaman sesebentar mungkin, tapi perhitungkan juga kemampuan bayar kalian kapan. Jangan sampe telat pokoknya. Jangan !

*Pertimbangkan memilih pinjaman dengan bunga efektif dari pada flat. Bunga efektif akan memberikan jumlah yang lebih ringan.



Jangan telat bayar !

Waini, Menggunakan Fintech pada dasarnya kalian menyutujui dikenakannya bunga atau imbalan atau bagi hasil atau kemamfaatan terhadap jumlah pinjaman kamu. Syariah atau konvensional, beda kalimat aja.

Pada beberapa Fintech Konvensional, ketika kamu telat bayar, kamu bakalan di bebani biaya penagihan, administrasi dan denda yang tentunya sangat lah lumayan. Bahkan kadang bisa melebihi jumlah pokok pinjaman cuy. Jangan telat deh pokoknya !



Nah itulah guys beberapa tips yang bisa kamu perhitungkan sebelum kalian memilih Fintech pinjaman online sebelum mengajukan hutang. Tapi dibalik itu semua, alangkah baiknya kalau kalian mempersiapkan dana simpanan sebelum ngutang !.

Bunga dalam pinjaman, selain riba dan dilarang agama (muslim) juga dapat menjerat kita di lingkaran hutang cuy. Sebisa mungkin jangan, kecuali kepepet !