Salah adalah salah satu serangga yang memiliki lebih dari 12.000 jenis (spesies) dan bisa dibilang di mana-mana cuy. Sebenernya serangga ini sih emang sih ga ganggu-ganggu amat, tapi tetep aja bikin risih kalo liat mereka bergerombol mengerubungi sesuatu di rumah. Apalagi kalo ada anak kecil ya kan ?

Berikut beberapa cara mengusir semut dari rumah :

Note : Semut juga termasuk bagian rantai makanan loh cuy. Hanya usir/ bunuh semut yang “mengganggu” di dalam rumah atau pekarangan saja.

Kapur Semut

Kapur semut emang udah di design biar dihindarin semut guys. Tinggal lingkari lubang tempat semut berasal, atau buat garis di sekitar tempat kalian menyempan makanan. Dijamin semut gak bakalan berani lewat.

Yang lebih jahat, haluskan kapur semut dan campurkan dengan air. Semprotkan atau siramkan ke dalam daerah kekuasaan semut.

Cuka

Aroma cuka yang sangat menyengat juga bisa digunakan untuk mengusir semur cuy, campurkan dan air ke dalam botol semprot. Semprotkan cairan ini ke tempat yang bisa di pake hang out sama semut.

Atau langsung semprotkan kesemut untuk langsung membunuhnya, aroma asam cuka akan membuat semut-semut kabur dan gak hangout disitu lagi. Karena aroma asamnya cuka dapat bertahan cukup lama, selain semut, penghuni rumah kayanya juga bakalan ikut kabur kalo nyemprotnya kebanyakan.

Kopi

Semut terbukti akan menjauhi aroma kopi cuy, cukup sediain bubuk kopi instan (yang gak pake gula) terus taburkan bubuk kopi tersebut ke lokasi nongkrong semut tersebut.

Menggunakan kopi adalah cara yang lebih sopan untuk mengusir semut, karena kopi hanya akan mengusir semut tanpa membunuhnya.

Kalian bisa mencoba untuk menaburkannya langsung ke dalam lobang semut menyuruh mereka pindahan rumah.

Baking Soda

Semut adalah hewan teritorial cuy. Dengan menaburkan baking soda, kalian dapat mengecoh semut dengan aromanya. Sehingga semut menganggap area yang ditaburi baking soda tersebut udah dikuasai sama koloni semut lainya.

Kalian juga bisa menaburkan baking soda kedalam sarang semut untuk kemudian dilanjutkan dengan menyiramnya dengan air. Selain menyebarkan aroma baking soda kedalam sarang semut, Ragi yang terkandung di dalam baking soda juga bisa membunuh kumpulan semut tersebut.

Tips : Campurkan 3 Sdm baking soda dan 1/4 Gula putih halus, aduk hingga rata. Letakkan di tempat semut berlalu lalang. Walaa.. Jebakan Batman !

Lemon dan Jeruk Nipis

Lemon dan Jeruk nipis adalah pilihan lain buat kalian yang kurang suka sama bau cuka atau baking soda. Asam sitrat yang terkandung dalam lemon dan air jeruk bisa kalian gunakan sebagai penangkal semut dengan menyemprotkannya di sekeliling rumah kalian.

Kalian bisa mencoba berbagai jenis jeruk untuk membuat larutan ini, dengan catatan bukan jeruk yang manis !

Sabun cuci piring

Gunakan sabun cuci piring yang sudah dicampur dengan air kedalam botol semprot. Semprotkan cairan kedalam daerah yang dilalui semut atau langsung semprotkan ke gerombolan semut.

Semut meninggalkan jejak berupa bau tak kasat mata yang cuman bisa dicium oleh sesama semut, oleh karena itu gunakan bahan beraroma wangi untuk menghilangkan bau tersebut.

Selain bahan – bahan diatas kalian juga bisa mencoba menggunakan beberapa bahan alternatif dibawah ini.

  • Kayu manis
  • Cabai merah
  • Serai/ sereh
  • Minyak wangi
  • Obat nyamuk, dll

Itulah beberapa tips mengusir semut dari sekitaran rumah kalian cuy, tapi tau gak sih kalian kalau ada mitos tentang semut yang bilang kalau di rumah kalian tiba-tiba muncul banyak semut hitam artinya penghuni rumah bakalan dapet rejeki nomplok.

Sedangkan kalau semut merah yang batiba muncul, pemilik rumah bakalan ngerasain kebalikannya, keluar duit banyak. 

Kalau kalian, gimana caranya ngusir semut dirumah ?