Bosen makan daging dimasak rendang, rawon, semur atau resep – resep lokal lain ?. Cobain deh sekali – sekali makan daging yang bumbunya kebarat – baratan, alias Steak. Kalau buat saya sih masih enakan makan daging pake bumbu nusantara, Soalnya Steak tuh cuman di bumbu-in garem sama lada doang. Tapi gak ada salahnya kan makan sekali sekali Steak Low Budget ?

Masih mau Masak Steak ?, Kalo engga baca artikel lain aja.
Dibawah ini isinya tentang gimana caranya kita makan steak ala anak kosan.
Limit budget !, Pake banget.

Yuk dikulik

1Jenis Daging

Kalian musti tau dulu nih, jenis – kenis daging yang mau kalian mamam. Setiap daging cara masaknya agak – agak beda guys, malahan ada yang sangking tipisnya kita musti master banget buat nentuin tingkat kematengan yang kita mau.

Steak Low Budget

  • Filet Mignon: Jenis steak yang paling mahal, teksturnya yang lembut lah yang bikin jenis daging ini jadi lebih mahal. Filet mignon berasal dari bagian tenderloin sudah dipilih.
  • Tenderloin: Bagian daging sapi yang ini adanya di bagian punggung dalam yang gak ada lemak dan berototnya. Tepatnya diantara sirloin dan tulang rusuk. Lebih mahal dari Sirloin.
  • Sirloin: Bagian atau jenis steak ini biasanya disebut dengan daging has luar atau punggung luar yang adanya deket – deket paha belakang. Bagian ini punya lapisan lemak yang nembel disekitar daging.
  • Rib Eye: Bagian yang ini diambil dari punggung dalam yang masih berlemak di bagian beberapa bagian potongan. Lemak yang terdapat pada rib eye membuatnya lebih juicy dan beraroma ketika dimasak.
  • T-Bone: Daging T-Bone diambil dari bagian punggung dalam sampai bagian bawah punggung. Bagian steak ini biasanya di kelilingi gumpalan lemak yang berada di bagian atas daging. Ciri dari daging T-Bone adalah bentuknya yang mirip huruf T.

Bonus : Entrecôte –  Diambil dari sela – sela tulang rusuk nomor 9 dan 11 membuat jenis steak ini bisa dibilang langka. sesuai namanya Entrecôteyang artinya “antara tulang rusuk.”

2Beli Daging

Ya masa mau makan daging enak cuman nungguin Idul Adha aja, itupun harus daftar jadi panitia dulu biar bisa “request” daging sebelah mana. Modal Woi !

Langsung ke pemotongan

Cara hemat buat dapet daging dengan harga miring adalah dengan beli di tempat pemotongan hewan (TPH). Nah, Beli daging di tempat pemotongan tuh biasanya musti subuh – subuh guys. Sebelum dianter ke pasar.

Steak Low BudgetSelain kita bisa milih daging apa, harganya juga sudah pasti lebih murah dan bisa di tawar lagi. Sayangnya, kalau kamu tinggal di perkotaan, abang – abang jagal udah tau nama – nama jenis dagingnya. Jadi ya gak miring – miring amat, Kecuali abangnya masih ngantuk.

Buat kalian yang tinggal di luar kota besar, beruntunglah kalian nak !.
Tinggal bilang “Bang, mau daging yang gak ada lemaknya 2 kilo, deket – deket punggung”
Beres deh. Bisa separo harga di pasar !. Tapi kalau buat saya sih mendingan yang ada lemaknya, masa makan daging ga berlemak, kan itu yang dicari. Bukan begitu ? 😛

Daging beku

Daging segar yang udah sampe pasar, biasanya di jual sekitar Rp 100.000’an. Nah sementara daging beku biasanya di bandrol dibawah itu. Semakin murah Daging beku semakin perlu kita curiga. Ini Serius !

Steak Low Budget

Pak Menteri Pertanian Amran Sulaiman pernah bilang kalau daging segar belum tentu lebih baik dari daging beku. #Daging beku udah tentu gak lebih baik dari daging segar (menurut saya loh ini). Pokoknya mendingan daging seger deh.

Daging beku tuh dingin, Sedingin perlakuan mantan yang gak mau waktu diajak balikan.

 

Masak

Masak daging steak sebenrnya emang di bumbuin garem sama lada doangan. Cuman buat orang Indonesia, kaya ada kurangnya kalon gak ada bawang – bawangnya dikit. ya gak ?, Sama cabe, sama cengkeh, santen, gula, #ehitumahrendang

Cara buat ngecek kematengan (Klik buat lihat gambar)
Master Chef : Dipotong terus diliat warna dagingnya

Gambar dibawah adalah perbedaan warna menurut kematangan daging.

Steak Low Budget

 

Chef Restoran : Pake Termometer

Termometer sangat berguna kalau kalian mau masak daging steak sesuai dengan resep berbagai website.

Steak Low Budget

Chef Wannabe : Daging di tekan - tekan terus disamain sama telapak tangan
Ketegangan.. bukan, apasih kalimatnya, kepadatan ? pokoknya kerasnya bagian bantalan ibu jari itu lah, bisa dijadikan acuan kematangan daging.

Steak Low Budget

Anak Kosan : Dimakan aja dulu, kalo kurang mateng di mask lagi !

Ya udah, ini sih gak perlu dijelasin kan ya. Mamam aja dulu mamam..

Steak Low Budget

Dengan beli langsung di pemotongan hewan dan masak sendiri dirumah, Kalian bisa menikmati Steak dengan pengorbanan yang sangat sedikit guys. Baru kemarin saya memasak Steak Tenderloin cuman ngabisin sekitar 100 Ribuan aja buat 2 porsi. Perbaikan gizi dikit.. Hohoho~

Gimana, gimana ?
Ada yang punya trik lain guys ?