Semut adalah salah satu jenis serangga yang cukup cepat berkembang biak dan membuat koloni cuy. Berkeliarannya semut di rumah kamu biasanya disebabkan oleh kurang bersihnya area rumah dan berserakannya sisa makanan di salah satu sudut rumah.

Untuk mengusir semuut dari rumah kamu, ada baiknya kamu membaca :
Simple, Cara Mengusir Semut yang Berkeliaran Dirumah.

Dan setelah kamu berhasil mengusir semut dari area rumah kamu, kaamu bisa melakukan cara dibawah ini untuk : Mencegah semut datang kembali dan berkeliaran di rumah

Jaga Kebersihan

Uudah jadi rahasia umum kalau semut adalah serangga penyuka makanan yang manis-manis.

Tapi gak cuman makanan manis, kadang semut juga mengerubungi sisa makanan, Bangkai binatang atau serangga lain, atau malah garam.

Selalu bersihkan meja makan, lemari tempat menyimpan makanan atau perabotan lain secara teratur.

Selain menjaga keawetan barang perabotan, kalian juga akan membersihkan jejak aroma yang di tinggalkan untuk semut yang lain, sehingga kordinasi mereka menjadi kacau dan gak datang ke tempat itu lagi.

Rajin Menyapu Lantai

Walaupun kamu rajin membersihkan tempat-tempat dan perabotan yang sering didatangi semut, kamu juga musti rutin menyapu lantai rumah kamu cuy, kadang ada aja sisa makanan yang nyempil di pojokan. Apa lagi kalau ada anak kecil dirumah.

Dengan menyapu lantai secara teratur sehari dua kali dan mengepelnya sehari sekali, selain kalian akan meminimalisir kunjungan semut, kalian juga akan terhindar dari berbagai macam sumber penyakit.

Percaya deh !

Tutup Lubang Semut

Kalau kamu menemukan lubang semut di sekitar rumah kamu, sebaiknya segera tutup lubang tersebut. Kalian bisa menggunakan berbagai macam benda untuk menutupnya.

Kalian juga bisa mencoba untuk menyemprotnya dengan menggunakan Parfum atau Minyak wangi, atau menimbunnya dengan menggunakan kopi bubuk.

Dengan menutup lubang semut, kalian bisa mencegah semut masuk ke area rumah kamu.

Amankan Makanan

Semut memiliki sensor kimiawi yang dapat mengetahi adanya makanan di sekitarnya cuy, setelah menemukan makanan, semut juga akan menginformasikannya ke anggota koloni yang lain.

Itulah kenapa jika ada makanan yang terjatuh atau berserakan, semut dengan sangat cepat akan bermunculan dan berkerumun.

Amankan makanan atau camilan kalian ke kemari aatau tempat penyimpanan makanan yang rapat sehingga semut tidak dapat menjangkaunya.

Semut juga bisa mengingat dimana lokasi makanan yang sebelumnya dia temukan loh.

Perhatikan Pembuangan Sampah

Masukkan sampah ke dalam plastik dan ikat rapat sebelum dibuang ke tong sampah. Selain makanan di dalam rumah, semut juga mengerumuni tempat kalian membuang sampah.

Walaupun tempat sampah kaliab berada di luar rumah bukan berarti kalian tidak akan terkena dampaknya loh.

Ketersediaan makanan akan membuat kembang biak semut semakin cepat dan melebarkan wilayah koloninya.

Koloni semut terbesar pernah di temukan di brazil dengan luas 150 M persegi dengan kedalaman 7 meter dibawah tanah.

Nah itulah beberapa tips untuk mencegah kegiatan semut di sekitar rumah kamu.

Kamu punya tips apa ?