Buat kalian penyuka sesama jenis eh makanan pedes, pasti pernah kan ngerasain akibat dari ke-jumawa-an dengan ngerasain level pedes yang ternyata diluar ekspetasi kalian ?. Rasa pedas tuh punya cara sendiri guys buat melukai harga diri kita, mulai dari nusuk hidung, nyolok mata, sampe ngebakar lidah dan tenggorokan.
Terus, gimana caranya menghilangkan rasa pedas dan terbakar dari dalam mulut ?
Kalian bisa coba beberapa tips dibawah ini :
1Minum susu

Salah satu cara paling gampang buat ngilangin pedes adalah minum susu guys. Banyak Penelitian di dunia yang menemukan kalau protein didalam susu bisa menggantikan senyawa Capsaisin yang bikin cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas dan terbakar.

Menghilangkan Rasa Pedas



2Karbohidrat

Nasi, Gandum atau roti juga bisa loh ngebantu kalian buat ngilangin rasa pedas. Bukan nasi goreng loh ya tapi, apalagi nasi padang, Yang ada jadi… Enak.. #Lol. Bahan makanan karbo-karboan dapat menyerap Capsaicin yang akhirnya bakalan meredakan kebangsatan rasa terbakal di dalam mulut.

Menghilangkan Rasa Pedas



3Glukosa aliasa Gula

Kalo kalian kepedasan jangan minum air guys, gak ngepek. Capsaicin tuh bahan dasarnya minyak jadi gak bakalan ilang kalau kalian cuman minum air, kecuali di campur sabun cuci piring #Lol. Tapi, kalian bisa coba mengonsumsi satu sendok teh gula utuh atau madu buat “Nahan” rasa pedas.

Menghilangkan Rasa Pedas



4Citrus atau Minuman asem

Minuman dengan rasa asem kaya es jeruk atau lemon tea juga bisa buat ngelawan kepedasan. Citrus yang ada didalam minuman dengan rasa asam bisa menghilangkan rasa pedas yang disebabkan Capsaicin. Memakan jeruk atau irisan lemon juga bisa ngebantu loh guys, pedesnya ilang ganti jadi Asem !, kaya muka camer kalo kita bertamu tapi ga bawa Sajen #eaaaaa.

Menghilangkan Rasa Pedas

5 Minyak Goreng

Capsaicin juga bisa dihilangkan pake minyak Goreng loh, Kalian bisa menggunakannya buat ‘mencuci’ mulut dan ngilangin rasa kebakar di lidah.

Menghilangkan Rasa Pedas



Nah itu dia diantaranya tips yang bisa kalian coba buat ngilangin rasa pedes yang udah terlanjur ngebakar lidah kamu. Ati ati guys, Pernah terjadi kasus luka robekan di lubang kerongkongan gegara makan cabai ghost pepper. 

Kasus ini terjadi pada seorang pria asal Amerika berusia 47 tahun yang lagi ikutan lomba makan burger yang diolesin Cabai ghost pepper yang udah dihaluskan. Gak lama abis ikutan lomba kontes makan yang disirakan oleh YouTube tersebut, pria ini langsung  muntah hebat.

Kondisi tersebut ternyata memicu luka di tenggorokannya guys, kondisi ini disebut sindrom Boerhaave dan punya tingkat risiko kematian yang tinggi. #Kan bahaya !



Rasa pedas tuh asalnya dari zat yang namanya Capcaisin guys, berikutnya zat ini akan  langsung menyerang indra perasa (reseptor) lidah. Terus lidah bakalan langsung ngirim S.O.S ke Otak kamu setelah serangan Capsaisin terdeteksi. Proses ini ini bekerja lebih cepat dari rambatan cahaya loh gaes.

Eits…  tapi bukan berarti gak ada positif – positifnya guys.

Cabai, Selain mengandung vitamin C, vitamin A, mineral, antioksidan dan serat. Rasa pedas pada Cabai bisa  ningkatin gerakan peristaltik usus yang bakalan memperlancar proses buang air besar dan juga membantu proses pembakaran kalori jadi lebih efisien.

Kalau kalian gimana ?