Bau mulut selain bisa membuat berkurangnya repect orang lain ke kamu, juga dapat membuat ke-keren-an kalian menurun secara instan. Gak lucu banget kan kalau modus kalian gagal karena masalah yang satu ini. Makannya, kenali dulu penyebab dan pelajari cara mengatasinya dibawah ini.

Bau mulut tuh gak cuman disebabkan pola makan kalian aja cuy. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh :

  • Terganggunya kesehatan gigi dan gusi
  • Kebiasaan Merokok
  • Serangan bakteri
  • Gangguan pada lambung
  • Infeksi Saluran pernafasan atau pencernaan
  • Diabetes, dan beberapa sebab lain.

Lebih lengkapnya baca.. eh belom dibikin artikelnya.. Sabar ya..

Bau Mulut juga gak bisa dihilangkan hanya dengan menyikat gigi saja, kalian musti melakukan beberapa cara sesuai dengan apa penyebab utamanya. Nah, sebelum kalian memutuskan untuk pergi ke Dokter, ada baiknya kalian mencoba ;

10 Tips Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Sikat gigi

Gak ada cara lain untuk mengatasi bau mulut yang disebabkan oleh masalah di sekitar gigi selain dengan membersihkannya dengan teratur. Membersihkan chat history mantan gak bakalan bikin gigi kamu bersih, percaya deh!

Plak yang menumpuk dan menempel pada enamel gigi kalian akan menjadi tempat berkumpulnya bakteri penyebab bau pada mulut. Makanan yang tersangkut dan terselip di antara sela gigi juga adapat menjadi makanan bakteri tersebut.

Sikatlah gigi kalian paling gak sehari dua kali dan sehabis makan agar gigi kalian bersih dan mengurangi peluang berkembangnya bakteri penyebab bau mulut.

Bersihkan Lidah

Area lapisan terluar lidah juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab bau mulut cuy, gunakan sikat gigi kalian untuk membersihkan area tersebut secara merata. Menggunakan sikat gigi dengan sedikit lapisan pasta gigi juga cukup membantu loh.

enggak guys gak kaya gini bentuknya, cek image dibawah…

Kalau ukuran sikat gigi kalian terlalu besar untuk menjangkau beberapa bagian lidah, kalian juga bisa untuk membeli alat khusus yang digunakan untuk dirancang khusus untuk membersihkan area di permukaan lidah, menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati.

Kaya gini cuy. Sikat/ Pembersih lidah

Udah banyak kok yang jual di Online shop. Kalian bisa menggunakan kata kunci scraper lidah, alat pembersih lidah atau tongue cleaner. Murah kok !

Mouthwash

Menggunakan mouthwash atau cairan obat kumur sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Beberapa obat kumur juga mampu menyegarkan aroma mulut secara instan loh, Tinggal pilih aja mau aroma apa.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, pastikan kalian meimilih obat kumur yang mengandung zat aktif dalam membasmi bakteri penyebab bau mulut sehingga bisa mengurangi aroma mulut yang iyuuwh !

Apel

Buah apel selain mengandung banyak vitamin dan nutrisi juga berfungsi sebagai pembersih alami mulut cuy.

Selain serat yang terkandung dalam buah apel yang dapat membersihkan mulut dari sisa makanan yang tertinggal, buah apel mengandung polifenol teroksidasi yang membantu menetralisir bau busuk di mulut.

Apel juga dapat merangsang produksi air liur yang dapat menjaga kelembaban dalam mulut. Seperti yang kita tau, mulut kering juga menjadi salah satu penyebab timbulnya masalah bau mulut yang tidak sedap.

Cuka Apel

Yang perlu kamu siapkan hanyalah satu sampai dua sendok makan cuka apel dan segelas air. Tuang dan campurkan cuka dalam segelas air. Gunakan untuk kumur selama di 3-5 menit di pagi hari dan sebelum tidur. Bilas mulutmu dengan berkumur air biasa.

Asam yang terkandung didalam cuka apel dapat merangsang kelenjar saliva untuk memproduksi air liur yang dapat mengatasi masalah mulut kering, salah satu penyebab bau mulut.

Cuka apel juga terbukti sangat efektif dalam menyeimbangkan pH dalam mulut agar bakteri gak bisa berkembang biak dan melakukan aktivitas pembentukan senyawa volatile sulfur compounds penyebab bau mulut.

Jahe

Menggunakan air rebusan jahe untuk berkumur, mengkonsumsi teh jahe, makan permen jahe atau langsung mengunyahnya bisa jadi alternatif mengatasi masalah bau mulut loh cuy.

Jahe mengandung gingerol, senyawa antibakteri yang ampuh untuk membunuh bakteri dan mikroba lain yang menimbulkan masalah bau mulut.

Gingerol juga merangsang enzim yang terkandung didalam air liur untuk memecah zat berbau busuk di mulut dan membuat napas menjadi segar. Jangankan bau mulut, bau amis daging aja bisa diatasi.

Konon jahe dapat membuat produksi enzim sulfhidril oksid dalam air liur meningkat 16 kali lipat dalam beberapa detik saja.

Lemon

Lemon selain kaya akan vitamin C yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Lemon juga mengandung citrus sejenis asam yang sangat gak disukai oleh bakteri penyebab bau mulut.

Jangan menggunakan lemon lebih dari dua kali seminggu karena lemon mengandung asam sitrat yang dapat merusak enamel gigi dan bahkan akan membuat gigi kamu jadi lebih kuning.

Kayu Manis

Kayu manis selain punya bau khas yang beraroma harum, kayu manis juga mengandung zat aktif yang juga bisa mengatasi masalah bau mulut.

Kayu manis mengandung cinnamic aldehyde atau sejenis essens alami yang mampu membunuh bakteri dalam mulut sekaligus menyegarkan nafas yang tidak sedap.

Bahkan sebuah riset terbaru di Amerika Serikat menunjukkan, penggunaan kayu manis dalam permen karet dapat mengatasi masalah bau mulut.

Larutkan satu sendok makan bubuk kayu manis/ beberapa batang dalam 500 ml air, setelah mendidih dan berubah warna menjadi coklat pekat, gunakan untuk berkumur satu hingga dua kali dalam sehari.

Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat yang dianggap lebih efektif dalam membunuh bakteri penyebab bau mulut, gigi berlubang, dan pembusukan gigi.

Khasiat minyak kelapa untuk gigi dan mulut ini pernah dilaporkan oleh sebuah penelitian dari Journal Antimicrobial Agents and Chemotherapy.

Beberapa studi bahkan menunjukkan kalau minyak kelapa hampir sama efektifnya dengan chlorhexidine, larutan antiseptik yang biasa terkandung dalam obat kumur, untuk mengobati dan mencegah radang gusi.

Gunakan 1-2 sendok makan minyak kelapa untuk berkumur selama 15-20 menit. Pastikan minyak kelapa dapat menjangkau atau melumasi sela-sela gigi dan gusi. Setelah itu, buang minyak kelapa dan bersihkan dengan berkumur dengan air.

Teh Hijau

Banyak penelitian yang telah membuktikan jika teh hijau juga berkhasiat dalam mengatasi masalah bau mulut.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang pada tahun 1993 oleh Kaneko dan kawan-kawan menyebutkan bahwa senyawa polifenol khususnya catechin dalam teh hijau mampu mengurangi halitosis atau bau mulut setelah dikonsumsi selama empat minggu

Selain diminum, teh hijau juga bisa dijadikan obat kumur yang efektif untuk mengatasi masalah bau mulut kamu.

Cara Instan

Cara instan paling cepet untuk menghilangkan bau mulut adalah dengan mengunyah Permen Karet seperti yang bermerk Xilitol Happydent atau doublemint.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan Mouth Spray yang mempunyai zat aktif anti bakteri.

Permen pelega tenggorokan juga bisa membantu mengatasi bau mulut loh cuy, hindari permen tang terlalu banyak mengandung gula.

Nah itulah beberapa tips untuk menghilangkan masalah bau mulut walaupun tentu saja kalian musti memperhitungkan untuk pergi ke dokter jika masalah bau mulut kalian gak kunjung hilang.