Hewan pengerat yang satu ini, selain membawa berbagai bibit penyakit juga sering banget bikin kacau dirumah yang didatanginya cuy. Mulai dari ngerusak dan ngejatohin barang-barang sampai bolongin berbagai perabotan.

Yang paling sering dilakuin kalau udah kesel sama tikus ya diracun aja. Minusnya cara ini adalah kalau tikus mati dan menjadi bangkai di pojok belantara furnitur yang gak tau dimana tepatnya. Nah, itulah kenapa kita harus cari cara lain yang lebih.. nyaman.

Berikut 10 Tips Cara Mengusir Tikus Tanpa Membunuhnya

Jangkrik bos !

Kalau kata orang tua, kita bisa mengusir tikus dengan memelihara jangkrik dirumah.

Sebuah penelitian di Inggris tahun 2001 menjelaskan kalau deringan suara berfrekuensi tinggi yang dihasilkan jangkrik ngeganggu banget buat tikus. Hal ini dikarenakan suara jangkrik mampu ditangkap langsung oleh sensor motorik tikus.

Suara jangkrik juga mampu mestimulasi otak saat tidur cuy. Layaknya mendengarkan instrumen musik saat tidur, suara jangkrik yang kita dengarkan jelang tidur bisa merelaksasi otak yang awalnya tegang menjadi lebih tenang dan selaw.

Alat Ultrasonic

Prinsip yang sama digunakan oleh alat ini, Dengan menggunakan alat ultrasonic yeng mengeluarkan suara yang berfrekuensi tinggi, yaitu 35.000 Hz.

Suara dengan frekuensi tersebut hanya dapat didengar oleh rodentia, termasuk tikus. Suara tersebut tidak dapat didengar oleh manusia karema manusia hanya dapat mendengar suara dengan frekuensi 20.000-25.000 Hz saja.

Konon suara ultrasonik tersebut dapat mengganggu pendengaran tikus cuy, mirip kaya mendekatkan telinga ke sirene mobil.

Aplikasi Smartphone

Selain itu kalian juga bisa menggunakan Aplikasi smartphone yang menghasilkan suara berfrekwensi tinggi, Prinsipnya sama dengan kedua tips sebelumnya yang menyerang pendengaran Tikus.

Kalian juga bisa mendownload file audionya dan meggunakannya di speaker komputer atau laptop yang kalian gunakan.

Cek Disini (Android)

Kapur barus

Kalian bisa menggunakan kapur barus/ kamper selain buat mewangikan lemari atau sudut ruangan, kalian juga bisa loh menggunakannya buat mengusir tikus. Saat udah ada produk kapur barus yang lebih di khususkan untuk mengusir tikus.

Berdasarkan sejarah, kapur barus dulunya dibuat dari potongan kayu batang pohon Cinnamomum Camphorayang banyak tumbuh di kawasan Barus, Sumatera Barat cuy.

Namun seiring mulai langkanya pohon Kamfer, saat ini kapur barus dibuat secara sintesis dari minyak terpentin yang dicampur zat kimia. Nah, zat kimia ini akan memberi dampak negatif jika digunakan berlebihan. So, Ati-ati ya..

Daun Mint

Daun dari tanaman Mint atau pepermint (Mentha balsamea Wild) mempunyai kandungan menthol yang sangat menggangu indra penciuman tikus cuy. Kandungan zat ini dapat membuat tikus mabuk dan lemas loh.

Siapkan daun mint, kemudian iris, geprek atau haluskan daun tersebut. Oleskan di sekitaran lokasi penampakan mereka. Kamu juga bisa mengoleskan sari daun Mint atau Mint essential oil  ke bulatan kapas dan letakkan di sudut-sudut ruangan.

Terakhir, sobek-sobek beberapa lembar daun mint dan campurkan dengan segelas teh hangat. Nikmati sambil menunggu efek pengusiran tikus sukses.

Bawang Merah

Siapa yang tahan dengan aroma yang dihasilkan irisan bawang merah?, Kita aja bisa sampai nangis!. Begitu juga dengan tikus, justru efeknya semakin berlipat karena penciumannya yang kuat.

Gemprek bawang merah, dan letakkan di tempat lalu lalang tikus. Udah tau ngumpet dimana ? Lempar bawang merah ke tempat persembunyiannya. Pasti langsung gak kesitu situ lagi. Sayangnya cara ini agak modal, tau sendiri kan bawang merah lagi mahal. Udah gitu, gak bertahan lama lagi.

Lada dan Cuka

Selain menjadi salah satu bumbu yang bisa menyebabkan kamu bersin-bersin ketika menambahkannya ke dalam masakan, lada bubuk dan cuka juga ampuh sebagai cara mengusir tikus lho.

Campurkan lada dan cuka kedalam segelas air. Semprotkan ke tempat perlintasan mereka. Jangankan tikus, Manusia aja kalo di semprot pake larutan ini bakalan tersiksa !

Kulit Telur

Kulit telur tenyata juga bisa loh buat ngusir hama, termasuk tikus. Cukup haluskan kulit telur sampai menjadi bubuk lalu taburkan ke jalur perlintasan tikus.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan serbuk kulit telur tersebut untuk memberantas serangga di sekitar kebun kalian. Taburkan serbuk kulit telur langsung ke daun tanaman yang di hinggapi hama.

Kulit telur memiliki lapisan kapur yang menyusun 9 – 12 % dari berat telur secara total. Terdapat kandungan 94 % kalsium karbonat, 1 % magnesium, karbonat, 1 % kalsium fosfat, dan 4 % bahan organik (protein).

Kulit durian

Durian selain memiliki cita rasa yang nikmat, rupanya bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus atau hewan pengerat lainnya. Kulit durianlah yang dapat digunakan untuk proses pengusiran.

Hal tersebut terjadi karena aroma durian tersebut  ternyata gak disukai oleh tikus. letakkan kulit durian di area yang sering dilalui tikus, maka tikus akan kabur karena mencium aroma dari durian tersebut.

Sayanya gak semua orang suka memakan buah durian, bahkan beberapa orang hanya mencium baunya saja sudah mual. So, kalau dirumah kamu ada yang gak suka durian, silahkan coba cara yang lain cuy.

Bonus :

Amoniak & Deterjen

Campur dua sendok deterjen dan seperempat gelas air bersama dua cangkir amonia. Teteskan larutan ini ke kapas yang ditempatkan di jalur yang sering disinggahi tikus.

Itulah beberapa tips mengusir tikus tanpa membunuhnya.
Kalau kalian gimana cara ngusir tikus dirumah.